Gas Asitilin / Acetylene Gas / C2H2
13 / 02 / 2021

Gas asilitin adalah gas tidak berbau, tidak berwarna, dengan formula C2H2. Gas asitilin adalah gas hidrokarbon, artinya gas mudah terbakar, walaupun tidak dipakai sebagai bahan bakar secara umumnya.

 

Penyimpanan dan Transportasi

Karakteristik gas asitilin yang paling penting untuk diperhatikan adalah bahwa gas asitilin tidak stabil. Tekanan yang terlalu tinggi akan menyebabkan gas asitilin meledak – dan alasan inilah yang menyebabkan gas asitilin disimpan dan ditransportasikan menggunakan tabung yang khusus, bukan seperti tabung biasa.

Karena sifatnya yang mudah meledak, gas asitilin harus dilarutkan di dalam solven. Solven yang biasanya digunakan adalah acetone. Tabung gas asitilin sendiri juga diisi dengan massa berpori, yang gunanya untuk membantu menstabilkan gas asitilin. Dengan kombinasi massa berpori ini, dan solven, gas asitilin dapat disimpan dengan tekanan yang aman dan stabil.

Dikarenakan sifatnya yang dilarutkan di dalam solven, penentuan isi tabung asitilin adalah ditimbang. Kekeliruan yang sering ditemukan di lapangan adalah penentuan isi tabung menggunakan tekanan. Tabung gas asitilin yang diisi penuh tetap dapat menunjukkan tekanan yang rendah; dan sebaliknya, tabung yang diisi tidak penuh dapat menunjukkan tekanan yang tinggi. Untuk benar-benar mengetahui isi tabung asitilin, yang benar adalah dengan menimbang tabung tersebut.

 

Penggunaan Gas Asitilin

Gas asitilin digunakan di banyak industri, terutama pengelasan (gas welding), mematri (brazing), memotong besi, bahan baku pembuatan beberapa jenis plastik, penerangan, dan berbagai jenis industri lainnya.

Namun, penggunaan gas asitilin sudah banyak berkurang dan digantikan dengan teknologi-teknologi baru, dan penggunaan utama sekarang hanya untuk pengelasan plat besi tipis, dan mematri.

Apabila anda memerlukan gas asitilin, jangan sungkan untuk menghubungi kami!

©2012 PT. MATESU ABADI. All Rights Reserved | Developed by pixaal